Nostalgia ke Kota Tua serta Masakan Indonesia yang Mendunia

Nostalgia ke Kota Tua serta Masakan Indonesia yang Mendunia. Temans, tau ga daftar Kota Tertua di Indonesia? Dan tau ga Masakan Indonesia yang sudah mendunia? Kita akan jawab satu persatu pertanyaannya yaa.

Eh, sebelumnya aku narsis dikit dulu boleh kan ^^ Hehe

Batik Air Business Class

Kembali ke laptop yaa. Salah satu hobiku sejak kecil adalah membaca. Masih teringat dulu ketika masih di Dumai aku selalu berlangganan Koran Bola yang terbit setiap hari selasa-jumat serta Majalah Sportif yang terbit setiap sabtu. Saat itu aku masih kelas 5 SD dan sangat gila bola sampai-sampai hampir semua baju tim bola aku koleksi.

Eh kejauhan ya ceritanya, hehe. Okay fokus lagi deh. Aku tipe orang pembosan dalam hal menunggu, salah satunya ketika menunggu pesawat landing. Maka dari itu setiap kali flight, momen menunggu manis ini aku manfaatkan untuk membaca seri majalah dari meskapai pesawat tersebut.

Salah satu judul yang aku temukan kemaren adalah daftar Kota tertua yang ada di Indonesia, kota mana sajakah itu?

 

 

Ya daftar kota tersebut diantaranya adalah:

  1. Medan 

    Ayoo anak Medan mana suaranya?? Kamu pasti tau kan Kota Tua yang ada di Medan ini sering dijuluki Lonsum alias London Sumatra. Kenapa dijuluki Lonsum, karna di kawasan tersebut berdiri Gedung London Sumatra sejak tahun 1906. Gedung ini awalnya adalah kantor perusahaan perkebunan karet Harrison & Crossfield Company (H&C) yang berpusat di London, Inggris.

  2. Padang 

    Kota Tua di Padang ini terletak ditepi sungai Batang Arau, yang merupakan sungai besar yang mengaliri kota Padang. Jaraknya sekitar 14 km atau sekitar setengah jam dari Kota Padang. Daerah Kota Tua Padang ini sangat identik dengan Jembatan Siti Nurbaya yang memiliki cerita legendaris tersebut.

  3. Jakarta 

    Siapa yang ga tau dengan Kawasan Kota Tua Jakarta, sebuah kawasan besar yang sebentar lagi akan termasuk warisan peninggalan dari UNESCO. Kawasan Kota Tua Jakarta ini merupakan destinasi favorit pecinta sejarah dan budaya. Didalamnya terdapat bangunan-bangunan sejarah sejak zaman Belanda yang masih kokoh berdiri hingga sekarang, mulai dari Museum fatahillah, Museum sejarah Jakarta, Museum Mandiri serta Stasiun Kereta Api Kota. Hingga kini banyak fotografer yang menjadikan kawasan Kota Tua Jakarta ini sebagai Rujukan.

  4. Bandung 

    Tau ga kawasan tua yang ada di Kota Bandung? Ya betul, yaitu jalan Braga. Di jalan Braga ini para pemilik toko masih mempertahankan arsitektur bangunan lama, yang biasa disebut art deco. Seriusan deh kalo kamu kesini kamu seperti terbawa ke masa lalu melihat pemandangan disekitar. Tak hanya itu, tak jauh dari Jalan Braga ini juga terdapat Gedung Merdeka Bandung, Alun-alun Kota Bandung serta Mesjid Agung Bandung.

  5. Semarang

    Bagaimana dengan Semarang? Pernahkah kalian ke kawasan tua di kota yang sangat bersahabat ini? Pada zaman penjajahan Belanda, Kawasan Kota Lama Semarang ini merupakan pusat kegiatan ekonomi masyarakat Jawa Tengah. Tak jauh dari situ juga terdapat Lawang Sewu yang dulunya merupakan stasiun kereta api pada zaman Belanda. Beberapa tempat di Semarang ini sangat cocok untuk diajak berfoto buat para Instagrammer.

Next, yaitu masakan Indonesia yang sudah mendunia. Apa sajakah itu?


  1. Rendang 

    Tak bisa dipungkiri lagi, masakan urang awak ini sabana lamak, ndak ado duonyo. Apalagi kalau dimasak pakai tungku, kompor tradisional ala Sumatra Barat. Dan pada 2017 rendang kembali terpilih sebagai makanan terenak di dunia versi CNN Travel, posisi yang tak bergeser sedikit pun dari tahun lalu. Kerenn..

  2. Nasi Goreng 

    Tak hanya Rendang, ternyata Nasi Goreng juga terpilih sebagai masakan terenak yang berasal dari Indonesia. Posisi 2 versi CNN Travel ini membuat kuliner Indonesia semakin diakui oleh mancanegara.

  3. Sate 

    Selanjutnya adalah Sate, yang terpilih dalam 15 besar makanan paling enak di dunia. Cita rasa sate ini memang sangat khas, apalagi dipadu dengan bumbu yang memanjakan lidah. Tak salah jika sate termasuk salah satu makan favorit dari mantan Presiden Amerika Barrack Obama.

  4. Soto Ambengan
    Lewat Soto Ambengan Pak Sadi, yang terpilih sebagai Street Food Masters of The Year 2013 pada World Street Food Congress di Singapore, mentasbihkan bahwa makanan street food asli Indonesia juga sudah diakui oleh dunia internasional. Usaha yang diawali dari berdagan keliling dijalan Ambengan Surabaya ini kini menjadi sangat laris dengan rasa yang nganenin.

Gimana teman-teman, cukup menambah wawasan kan artikelnya. Oh iya, nih ada bonus buat kalian,senyum termanis dari Pramugari Batik Air Indonesia 🙂

Nostalgia ke Kota Tua serta Masakan Indonesia yang Mendunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *