10 Orang Paling Tajir di Indonesia dilansir dari CNN

10 Orang Paling Tajir di Indonesia dilansir dari CNN

Foto: youtube.com

Pada awal desember 2017 yang lalu, CNN Indonesia merilis 10 Orang Paling Tajir di Indonesia. Di tengah stagnansi ekonomi dalam negeri, sejumlah keluarga konglomerat justru semakin kaya raya. Menurut survei Forbes, majalah bisnis asal Amerika Serikat, nilai total 50 orang terkaya di Indonesia melonjak, dari 99 Miliar Dolar Amerika, menjadi 126 Miliar Dolar Amerika, atau sekitar lebih dari Rp 1700 triliun. Angka tersebut hampir setara dengan target APBN di tahun 2017 ini.

Namun ada juga beberapa taipan yang mengalami penurunan nilai kekayaan. Siapa saja orang yang paling bergelimang harta di tanah air sepanjang tahun 2017 ?

Berikut kita review dari nomor 10 yaa

10. Jogi Hendra Atmaja 

Foto: forbes.com

Pemilik Grup Mayora ini memiliki kekayaan 36 Triliun rupiah yang meningkat sekitar 217% sepanjang tahun 2017. Dan teman-teman pasti tahu bahwa produk-produk dari Mayora ini merupakan produk yang kita konsumsi sehari-hari seperti Astor, Choki-choki, Biskuit Roma, dan banyak lainnya.

9. Mochtar Riady

Foto: youtube.com

Taipan Indonesia yang kekayaannya meningkat dari 25 triliun menjadi 40 triliun rupiah atau sekitar 57,8%. Mochtar Riady merupakan pemimpin dari Lippo Group yang memiliki Rumah Sakit Siloam, Berita Satu. Matahari, Mataharimall.com serta yang terbaru dan sedang booming ini adalah Meikarta.

8. Tahir 

Foto: liputan6.com

Pemilik Mayapada Group yang juga memiliki Rumah Sakit, Sektor Keuangan dan lainnya. Kekayaannya merangsek naik dari 42 triliun menjadi 47 triliun rupiah atau meningkat sekitar 10,6% sepanjang 2017.

7. Chairul Tanjung

Foto: finansialku.com

Owner CT Corp yang juga holding CNN Indonesia serta beberapa media lainnya dibawah Trans Corp (Trans TV dan Trans 7), Carrefour, Baskin Robin, Wendy’s dan lain sebagainya. Meskipun pada tahun 2017 ini mengalami penurunan sekitar 26,5% dari 66 triliun menjadi 48 triliun, tetapi mereka agresif untuk membangun usaha retail mereka yaitu Trans Mart di beberapa titik di Indonesia, apartemen dengan nama Trans Park, serta juga bekerja sama dengan Asuransi Prudential. Hal ini menunjukkan beberapa aksi korporasi yang dilakukan oleh CT Corp untuk bersiap-siap panen pada tahun selanjutnya. Dan Chairul Tanjung merupakan yang termuda dari 10 Orang Paling Tajir di Indonesia tahun ini.

6. Boenjamin Setiawan

Foto: infobiografi.com

Pemilik Kalbe Farma dengan usia 84 tahun yang kekayaannya meningkat sekitar 10,6% dari 44 triliun menjadi 49 triliun rupiah sepanjang tahun 2017 ini. Seperti yang kita ketahui Kalbe Farma merupakan perusahaan yang bergerak di bidang farmasi yang produknya kita cari-cari ketika sedang tidak enak badan atau sakit.

5. Sri Prakash Lohia

Foto: nusabali.com

Pemilik PT Indorama ini mengalami peningkatan kekayaan dari 67 triliun menjadi 86 triliun rupiah atau sekitar 28%. PT Indorama ini bergerak dibidang petrokimia, dan kalau kalian sedang jalan didaerah Kuningan, Jakarta Selatan bisa lihat towernya Indorama yang terpampang gagah dan besar itu.

4. Anthoni Salim

Foto: tribunnews.com

Pemilik Indofood ini kekayaannya meningkat dari 77 triliun menjadi 93 triliun rupiah atau sekitar 21%. Siapa yang tidak kenal produk-produk dari Indofood seperti Indomie, Lafonte, dan produk sehari-hari lainnya. Selain itu, Anthoni Salim juga memiliki lebih dari 40% saham Perusahaan Investasi First Pacific di Hong Kong yang memiliki valuasi yang sangat besar yaitu sekitar 12 milyar dollar Amerika hanya untuk satu kepemilikan saham saja.

3. Susilo Wonowidjojo

Foto: sujanews.com

Pemilik Perusahaan Rokok yang awalnya berbasis di Kediri yaitu Gudang Garam Tbk yang pada tahun 2017 ini kekayaannya meningkat dari 96 triliun rupiah menjadi 118 triliun rupiah atau sekitar 23,9%. Rokok Gudang Garam merupakan salah satu produk yang paling banyak dikonsumsi oleh rakyat Indonesia saat ini.

2. Eka Tjipta Widjaja 

Foto: goinsta.id

Di Usia yang ke 94 tahun ini pemilik Perusahaan Sinarmas tersebut mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari 75 triliun menjadi 123 triliun rupiah atau sekitar 62,5%. Sinarmas ini selain bergerak di CPO mereka juga bermain di sektor properti seperti Bumi Serpong Dama yang saat ini menjadi tempat tinggal favorit disekitaran Jakarta.

1. R. Budi & Michael Hartono 

Foto: dream.co.id

Dan yang menjadi nomor 1 adalaaahh, Robert Budi & Michael Hartono pemilik Grup Djarum yang juga memiliki sebagian besar saham di BCA. Kekayaannya meningkat sangat wow dari 231 triliun menjadi 436 triliun rupiah atau sekitar 88,8%.

Selain rokok, Grup Djarum ini juga pemilik properti dengan nilai yang sangat tinggi. Jika kita jalan-jalan ke Bundaran HI bisa melihat mulai dari Menara BCA, Grand Indonesia Shopping Center, Hotel Kempinski, dan bisnis ini diputar terus dengan melakukan diversifikasi atau perluasan sektor usaha lainnya termasuk di bidang online seperti Blibli.com.

 

Dan jika kita lihat dari list-list orang kaya tersebut, mereka semua memiliki produk yang senantiasa kita konsumsi sehari-hari. Setiap 1×24 jam, 7 hari dalam seminggu, 30 hari dalam sebulan, kemanapun kita akan ‘dikepung’ oleh produk atau jasa yang mereka jual tersebut.

268 juta jiwa populasi Indonesia merupakan pasar yang sangat gurih bagi para konglomerat ini untuk membesarkan bisnis yang mereka miliki. Maka tidak heran yang kaya akan semakin kaya, dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk membuat sebuah strategi bagaimana target pemerataan ekonomi bisa dilakukan dengan ‘smooth’ tanpa menghambat aktifitas atau ekspansi bisnis yang dilakukan oleh orang-orang terkaya di Indonesia tersebut.

Itulah tadi daftar 10 Orang Paling Tajir di Indonesia dirilis dari CNN Indonesia. CNN News Indonesia ini sangat recommended untuk ditonton bagi teman-teman yang berada di lingkungan bisnis di Indonesia untuk melihat perkembangan dan peluang-peluang baru.

Dan inilah sumber berita dari “10 Orang Paling Tajir di Indonesia” tersebut:

10 Orang Paling Tajir di Indonesia dilansir dari CNN

Liat juga 10 orang Terkaya di Amerika Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *