Merasakan Sunset di Perbatasan Selat Melaka dan Singapura

Merasakan Sunset di Perbatasan Selat Melaka dan Singapura. Kalau ditanya tempat favorit untuk ngerasain sunset, gw bakal pilih Pantai Tanjung Pinggir ini salah satunya. Terletak sekitar 30 menit dari pusat Kota Batam atau Batam Center, pantai yang terletak di daerah Sekupang ini merupakan salah satu titik terdekat Indonesia dengan Singapura.

Pertama kali gw ke pantai ini yaitu pada tahun 2015, saat baru merantau ke Batam. Sensasi yang gw rasain adalah terpesona dan terkejut-kejut karena saat ini gw berada di perairan Selat Melaka yang legendaris pada masanya, dengan kisah pelaut tangguh mulai dari VOC, Armada Laksmana Cheng Ho, hingga Pasukan Hang Tuah dari Pulau Bintan.

Pantai Tanjung Pinggir ini merupakan titik terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Singapura, disini gw bisa menyaksikan langsung hutan beton dari jarak yang sangat dekat, dan bisa dengan jelas melihat Marina Bay Sands yang khas dengan 3 gedung dan arsitektur kapal diatasnya.

Pantai Tanjung Pinggir Batam
How close I am with the sunny island
Pantai Tanjung Pinggir Batam
That’s Singapore!!!

Pantai Tanjung Pinggir Batam

Waktu favorit gw di Pantai Tanjung Pinggir ini adalah pada sore hari menjelang maghrib. Spot yang paling pas sebenarnya agak diatas sedikit dari Pantai Tanjung Pinggir, disana gw bisa langsung menyaksikan matahari terbenam, jejeran pesawat yang akan landing di Changi Airport, serta lampu-lampu gedung di negeri seberang yang mulai nyala dengan terang menjelang malam.

Pantai Tanjung Pinggir Batam
Sesaat menjelang sore, dengan lampu negeri seberang yang mulai terang
Sunset Pantai Tanjung Pinggir Batam
And here is the sunset
Sunset Pantai Tanjung Pinggir Batam
When the sun goes down

Sunset Pantai Tanjung Pinggir Batam

Pantai ini tentunya sarat kenangan buat gw pribadi, karena penuh cerita yang memorable. Disini gw pertama kali bervisualisasi secara langsung untuk pergi ke Singapore, dan 2 minggu setelahnya gw beneran kesana. And then, di pantai ini merupakan tempat jadian pertama gw bareng si mantan. Lalu yang terakhir hasil perenungan di pantai inilah yang memutuskan gw untuk merantau ke Jakarta meninggalkan zona nyaman di Batam setelah 6 bulan berkelana.

Setiap visit Batam, gw selalu sempetin untuk mengunjungi Pantai Tanjung Pinggir ini. Menikmati deburan ombak, aktivitas nelayan didaerah perbatasan, matahari yang terbenam dengan sensasi orange nya, serta hutan beton Singapura yang memberikan tambahan pemandangan indah tiada duanya.

Oh Tanjung Pinggir Beach, I miss u so much….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *